Menu

Bagaimana Saya Akan Melawan Konten Hoax – Tips Ala Kang Aconk

Maret 15, 2018 - Hoax, info
Hoax adalah berita bohong dan pastinya kalau berita bohong tidak pantas untuk dipercaya.

Tapi yang menjadi permasalahan, bagaimana kita mengetahui bahwa itu adalah berita Hoax sehingga kita bisa menghindarinya.
Ok. pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara melawan Hoax menurut persepsi saya sebagai seorang mahasiswa jurusan Ekonomi.
Saya menulis konten ini karena mendapatkan sebuah inspirasi dari c2live,  semoga dengan artikel Bagaimana Saya Akan Melawan Konten Hoax ini setidaknya bisa meminimilasir perkembangan website hoax dimasa sekarang.
HOAX dapat saya katakan Sebagai sebuah BISNIS.
Tapi ingat, tidak semua Hoax memiliki unsur bisnis ada juga yang memiliki unsur untuk menjatuhkan seseorang.
Rata – rata berita HOAX yang pernah saya lihat adalah berbentuk sebuah bisnis.
Mungkin ada yang masih bingung bagaimana berita Hoax bisa menjadi sebuah bisnis dan menghasilkan sebuah Uang, Ok. saya akan membahasnya terlebih dahulu sebelum nanti kita membahawa cara melawan berita Hoax.
 
Sumber Gambar : http://www.islamnusantara.com

HOAX ADALAH BISNIS

Hoax bisa dikatakan sebagai sebuah bisnis jika menghasilkan pundi pundi uang, terlepas dari halal dan haramnya.
Rata rata Hoax lebih mudah tersebar melalui Media Sosial dan menurut saya yang paling besar berkontribusi mengatantarkan Hoax adalah Facebook.
Karena di facebook kita bisa membuat sebuah status beserta dengan link yang bisa di klik secara langsung, berbeda dengan instagram.
Dengan adanya fitur Like & Share di Facebook, orang orang akan lebih mudah untuk membagikan sebuah berita atau status.
Yang menjadi masalah disini adalah  jika berita yang kita share di facebook ternyata berita HOAX. Sehingga inilah yang akan menjadi permasalahan kita, karena kita telah turut membagikan berita yang salah.
Jika kita lihat berita Hoax yang disebar di fb, biasanya tersemat LINK yang mengarah ke Website Berita Hoax dan jika anda lihat di website tersebut maka akan terdapat sebuah Iklan, biasanya iklan dari Google Adsense.
Nah inilah yang saya katakan HOAX adalah Bisnis, karena tujuan mereka membuat berita Hoax adalah untuk mendapatkan traffik pengunjung yang tinggi sehingga bisa mendapatkan lebih banyak pundi pundi dollar.
Berita Hoax yang mempunyai tujuan bisnis biasanya menggunakan FB Ads untuk menarik pembaca,  jarang sekali berita Hoax yang kita cari langsung melalui Search Engine Google – karena berita berita yang ada di Halaman depan pencarian Google, biasanya Platform yang sudah mempunyai nama besar seperti liputan 6, viva, dll.
Sehingga mereka akan berpikir untuk mencari pembaca berita melalui cara lain yakni Facebook, karena di google berita mereka sudah kalah oleh website berita terkenal.

BERITA HOAX

berikut ini beberapa cara untuk mengetahui bahwa berita yang kita baca adalah Hoax
1. Lihat Artikelnya
Untuk langkah pertama mengatasi Hoax yaitu kenali dulu isi artikelnya, biasanya berita HOAX menggunakan judul judul yang aneh, seperti (WOW, MENGEJUTKAN, LIHATLAH INI, TONTON SAMPAI HABIS, ANDA PASTI TERCENGANG MELIHAT BERITA INI, dll) nah itulah beberapa bumbu yang biasanya digunakan untuk membuat judul berita hoax, tujuannya antara lain untuk membuat si pembaca merasa penasaran untuk melihat isi beritanya.
Jika anda menemukan berita di facebook, Ig, ada medsos lain, anda harus membaca beritanya terlebih dahulu sampai selesai. Setelah itu coba anda cari judul berita yang sama di Google dan jika tidak ada lagi website berita yang membahas berita itu maka bisa dipastikan HOAX, jika dari judul sampai isi berita  melenceng dan yang dibahas tidak jelas.

2. Judul dan Isi Artikel tidak sesuai

Ciri berita hoax selanjutnya adalah judul dan isi artikel tidak sesuai, karena pernah saya lihat beberapa berita Hoax judul dan isinya tidak sesuai.
Misal, dari judul membahas tentang tranfer pemain barca lionel messi ke MU, akan tetapi isinya beritanya tentang Perebutan Balon D’OOR antara messi dan ronaldo. nah berita seperti ini bisa dikatakan HOAX karena menggandung Klik Bait.
3. Website tidak jelas
Website berita yang menyebarkan Hoax biasanya tidak jelas, baik dari nama dan pertanggung jawabannya. Jika ada website berita yang masih berdomainkan (.blogspot.com, .wordpress.com) kemunkinan besar adalah Hoax apabila website tersebut membahas sebuah berita.
sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengidentifikasi berita Hoax, tetapi jika anda sudah menggunakan Insting berpikir ketika membaca berita dan melihat beberapa faktor di atas, saya rasa anda sudah bisa memahami mana berita mana yang tidak.

CARA MELAWAN HOAX

Jika Berita Hoax itu mempunyai unsur bisnis, maka cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mematikan Sumber Penghasilan Utamanya.
Karena jika mematikan penghasilannya, secara tidak langsung akan mematikan websitenya untuk lebih berkembang.
Tetapi  jika hanya mematikan Websitenya, mereka akan bisa membuat website lain karena masih punya penghasilan dari website sebelumnya.
Sehingga jika mematikan penghasilan website Hoax  merupakan suatu jalan yang tepat.
Nah cara untuk mematikan penghasilan mereka adalah dengan melaporkan iklan yang ada di website tersebut, karena rata rata Website berita Hoax menggunakan Iklan dari Google Adsense maka saya akan share cara melaporkan iklan dari Google.

Pertama, pilih tanda seru pada bagian Pojok Kanan

Contoh Iklan
Setelah di klik maka akan di arahkan ke Tab Baru (Support.google), selanjutnya Scrool sampe ke bawah sampai ada form untuk melaporkan.
Karena sekarang kita akan melaporkan tentang Website Hoax, maka langkah selanjutnya adalah Klik pada pilihan Situs Web.
Setelah memilih laporkan Situs web, maka selanjutnya anda tinggal mengisi alasan melaporkan website tersebut. Anda bisa mengisi dengan memilih “Halaman berisi konten berbahaya atau penghinaan” atau di informasin lainnya anda bisa menambahkan bahwa situs ini mengandung berita bohong (Hoax), dll.
Dengan Update Algoritma google yang sekarang, akan lebih memudahkan google untuk memblokir penayangan iklan pada situs situs yang berbahaya (Web Hoax), dengan anda melaporkan iklan yang tampil di situs Hoax, secara tidak langsung anda telah berkontribusi dalam melawan Hoax dengan mematikan penghasilan mereka, karena tujuan mereka membuat konten Hoax adalah Bisnis, maka untuk melawan konten Hoax hancurkan bisnisnya.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas HOAX adalah BISNIS, dimana pelaku Hoax pastinya akan mencari keuntungan baik berupa uang atau menjatuhkan popularitas orang.
Oleh sebab itu untuk bisa mengetahui bahwa berita tersebut mengandung berita hoax anda sebagai pembaca harus jeli ketika melihat judul yang provokatif dan keaslian foto, karena rata rata berita Hoax menggunakan foto editan atau foto yang tidak sesuai dengan konten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *